Profil Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata
Tujuan Kompetensi Keahlian :
Tujuan kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) secara umum mengacu pdaa isi undang-undang sistem pendidikan nasional pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu secara khusus tujuan kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompoten :
- Menerima dan memproses reservasi sesuai permintaan pelanggan
- Menghitung tiket penerbangan domestik dan internasional sesuai ketentuan IATA
- Menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional secara manual maupun komputerisasi sesuai ketentuan IATA
- Mengurus dokumen perjalanan lain, seperti : visa, pasport, peta dan lain-lain.
- Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata pada perjalanan wisata
- Melaskanakan tugas sebagai pemandu wisatai di obyek/atraksi wisata
- Melaksanakan layanan transfer.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) :
- SKL Dasar Kompetensi Kejuruan :
- Memutahirkan informasi industri pariwisata
- Menangani konflik konsumen
- Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH)
- Melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda.
- SKL Kompetensi Kejuruan
- Memperbaharui informasi tentang daerah setempat (lokal)
- Melakukan komunikasi melalui telepon
- Melakukan prosedur administrasi
- Menyediakan informasi dan saran mengenai daerah tujuan wisata
- Menyusun laporan keuangan
- Memproses reservasi jasa penerbangan udara
- Mengoperasikan sistem reservasi komputer
- Menerbitkan tiket penerbangan domestik
- Menerbitkan tiket penerbangan internasional (normal dan promosi)
- Memproses dokumen perjalanan selain dokumen perjalanan udara
- Mengkoordinasikan jasa-jasa pemasok
- Menginterprestasikan informasi produk wisata
- Mengemas produk dan jasa pariwisata
- Menyiapkan penawaran harga paket wisata
- Memutahirkan informasi umum bagi pramuwisata
- Melaksanakan tugas kepramuwisataan
- Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangkatan
- Mengelola perjalanan wisata
- Mempresentasikan komentar pemanduan wisata
- Memperbaharui informasi tentang daerah setempat (lokal)
- Melakukan komunikasi melalui telepon.